Pengertian dan Sejarah JAVA

Setelah saya menulis tentang apa itu bahasa pemrograman, kini saya akan kembali berbagi dan kali ini saya akan berbagi mengenai apa itu JAVA. Mungkin sudah ada yang pernah mendengar tentang java, atau bahkan sudah lebih paham. JAVA yaitu salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi(berkembang di semua sistem operasi). Jika ada yang bingung apa itu bahasa pemrograman tingkat tinggi, silahkan baca artikel sebelumnya di sini. Sebagai sebuah bahasa pemrograman, java mampu membuat segala macam bentuk aplikasi, dekstop, Web, dan lainnya. Selain itu, java bersifat open source sehingga mudah untuk mengembangkannya. 
Sejarah singkat ditemukannya bahasa java yaitu berawal pada tahun 1991 ketika sekelompok insinyur Sun yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling hendak merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV box dengan memory yang kecil. Proyek ini diberi nama kode “Green”.
Kebutuhan akan fleksibilitas, kecil, liat dan kode yang netral. Mengantarkan tim ini untuk mempelajari implementasi Pascal. Dan kemudian proyek Green menggunakan mesin maya (virtual Machine), sebuah bahasa portabel yang dirancang oleh Niclaus Wirth, seorang pencipta bahasa Pascal.
Karena anggota tim berbasis C++ dan bukan pascal, maka kebanyakan sintaks diambil dari C++ serta mengadopsi orientasi objek dan bukan prosedural. Awalnya bahasa yang diciptakan diberi nama “OAK” oleh james gosling. Nama ini terinspirasi dari sebuah pohon yang berada pada seberang kantornya. Namun karena nama oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, maka Sun menggantinya dengan JAVA. Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi disebuah kedai kopi yang kemudian salah satu dari mereka secara tidak sengaja menyebut kata JAVA yang mengandung arti asal biji kopi. Akhirnya mereka sepakat untuk memberi nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama JAVA.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH !!!
sudah membaca artikel di THOUSAND ES, jika ada yang salah atau ada pendapat lain tentang ARTIKEL diatas, silahkan tinggalkan saran dan komentar anda di kolom komentar.

Segala kritik, saran, dan masukan yang diterima akan kami pertimbangkan dengan baik, karena kami sadar bahwa blog THOUSAND ES masih jauh dari sempurna.